Konten yang Engagement-nya Tinggi: Ajak followers lo ngobrol

6:44 AM





Hola! Buat yang belum baca part sebelumnya, biar kita satu frekuensi, cek dulu link ini yes!

Buat yang udah baca, mari kita lanjutkan.

Kalo sebelumnya gue udah bahas tentang uniqueness, sekarang, supaya makin jago bikin konten-konten yang engaged ke followers, lo bisa melakukan hal-hal ini:

Let people involve.

Komunikasi itu harus 2 arah. Penggunaan sosial media itu kan bagian dari komunikasi, jadi harus 2 arah juga. Nggak bisa lo ngoceh sendiri, padahal lo tau lo sedang berlaga di atas panggung dimana ada banyak pasang mata menonton. (Hadeuhh)

Kalo lo mau orang nge-like, comment, nge-save, atau subscribe ke konten atau channel lo, lo harus SELALU melibatkan mereka. Orang tuh suka lho dilibatkan. Orang suka kalo ditanya pendapatnya.

Sesimple setiap di akhir caption lo tambahin, “What do you guys think of this look?” Meskipun terkesan retorik, tapi paling nggak, your followers know that their opinion matters to you. And that’s a good value.

Cinta banget sama @jenniferbachdim yang selalu ngelakuin ini. Setiap pagi sehabis olahraga dia bakal selfie di depan kaca dengan badannya yang membuat gue menyesali setiap piring nasi yang gue makan, hiks, dan dia selalu ngajak followers-nya terlibat dengan vote options kayak gini:


Suka banget karena dia gak pernah ‘ngomong sendiri’. Dia selalu ngajak ngobrol followers-nya, dan effortless banget gitu lho caranya!

Atau gue juga suka kalo udah masuk fashion week season, cintaku #2 @songofstyle bakalan ngajak followers-nya untuk bantuin dia pilih baju buat nonton fashion show. Gila, krusial banget kan? Pernah tuh dia nanya ke followers-nya di instastory kaos kaki warna hitam atau putih yang cocok buat sneakers-nya hari itu. Udahannya, hasil vote-nya dia share dan apapun yang followers-nya saranin, beneran dia pake hari itu. Laff kan?



Jadi, jangan ragu untuk ngajak followers lo ikut serta ke aktivitas per-sosmedan lo. Seberapa sedikitpun, seberapa banyakpun followers yang lo punya. Kedengerannya sepele sih, tapi percayalah ini ngaruh banget untuk naikin engagement.

Lalu, share the how.

Kalo selama ini kita sibuk banget cari konten APA yang bagus buat kita bikin. Konten APA yang orang senengin. Kita lupa kalo selain APA, orang juga suka BAGAIMANA. Gimana sesuatu terjadi. Gimana produk dibuat. Kenapa? Karena orang kepo. Ini udah gue bahas juga di postingan sebelumnya, cek dulu biar afdol di sini.

Konten-konten yang nuansanya ‘how’ ini pasti lebih banyak peminatnya. Gak bohong, wong setiap hari pasti ada aja kan kita nge-Google: “How to…”? Ngaku!



Kalo gue bisa kasih contoh, ada @lucedale dengan hashtag #lucadalefilter -nya dimana Clara ngebeberin cara ngedit foto yang tone-nya bisa gue bilang emang unik dan ‘Clara banget’. Dan kerennya, jadi banyak orang yang coba tone itu dan upload ke Instagram dengan hashtag #lucadalefilter (kudos!, ini baru namanya engagement!)



Beberapa tahun yang lalu sih orang (influencer) menganggap teknik editing itu sesuatu yang top secret. Sekarang, gue liat-liat orang malah berlomba-lomba ngebocorin cara mereka ngedit foto, beserta aplikasi-aplikasinya. Udah gak takut dicontek atau ditiru karena mereka ngerasa you can use my editing technique but you can’t be me because I've built my identity and you can’t stole it in one night. (Sedap sedap)

Lalu ada juga konten-konten behind the scene, yaa intinya ‘how to…’ juga. Gue suka nonton BTS musisi-musisi Indonesia nyiptain lagu, video klip, atau persiapan konser. Salah satu favorit gue itu video dokumenternya Tulus tentang perjalanan pembuatan album Monokrom-nya. Bisa ditonton di sini.



Nah konten behind the scene gini juga naikin value konten-konten lo yang lain, orang pasti akan jauh lebih appreciate karena mereka ngeliat sendiri proses lo membuat konten itu.

Oke, dua itu dulu yaa. Dua lagi gue bakal share di postingan selanjutnya. Bocoran? Tentang kebaharuan konten dan try to create your own 'tv program'

Kalo suka sama postingan ini, jangan lupa share dan screen shoot ke IG story yaa, temen-temen! Any appreciation, no matter how little, means a lot to me. #love 

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments