Internship; Gogirl! Magazine

12:49 AM

Suatu hari di bulan Desember 2010, gue lagi belajar untuk persiapan UAS. Saking boringnya, gue buka-buka twitter. Lalu ada info:
(!!!) Since I'm a huge reader of Gogirl! Magazine, why don't I try to be part of them? Tanpa pikir panjang, gue langsung bikin CV dan portfolio. Saat itu gue masih cupu, masih balita, gak tau apa-apa tentang dunia permagangan dan per-CV-an, yaa namanya juga masih semester 1. So, berbekal Google dan sejumput kekreatifitasan, gue pun mulai membuat CV. CV yang kirim saat itu bukan CV berformat word yang formal, tapi gue bikin creative CV yang hanya terdiri dari personal data, background education, dan hobbiest & interest. Untuk portfolio, gue bener-bener buta. Gue gak jago fotografi, gak jago desain grafis, gak punya karya apa-apa yang bisa ditunjukin sebagai portfolio. Akhirnya gue memutuskan untuk bikin fashion spread & editorial (tingkat SD). Beginilah kira-kira:
Cupu banget, iya. Tapi ternyata, si cupu inilah yang membawa gue untuk internship for the first time of my life!
Setelah gue kirim CV, gak sampai 2x24 jam, HRD Gogirl menelpon gue dan meminta gue untuk interview. Besoknya, tepatnya hari Jumat, selesai UAS gue langsung meluncur ke Kebayoran Lama, kantor Gogirl Magazine ditemani mama tercinta. Oh, dia bangga sekali bisa mengantar anaknya interview magang :D
Interview berjalan sangat-sangat-sangat mulus dan menyenangkan. Jauh seperti yg gue bayangkan. Gue diinterview langsung oleh Mbak Githa Moran dan Mbak Media Friesna, kami bincang-bincang soal kebisaan gue mengedit, menulis, kecintaan gue terhadap media, fashion, majalah, dan lain sebagainya. Hal yg paling gue inget adalah, ketika Mbak Githa bertanya: "Siapa fashion icon yang menggambarkan diri kamu? Dan kenapa." Gue langsung jawab Alexa Chung secara spontan. Gue pun menjabarkan alasan yg gue yakin kalian pun akan setuju. Her style is wearable and gak neko-neko, right? :D

Oke, seminggu kemudian, gue ditelfon lagi sama Mbak Gita HRD yang membawa kabar baik bahwa gue diterima magang untuk 1 bulan. YEAH!
Sebelum magang, gue dan temen magang gue Gita Ayunda (OK, terlalu banyak nama Gita di kantor ini), di briefing dulu untuk tanggung jawab, hak, dan kewajiban kami selama bekerja disana. Kami melakukan brainstorming juga bersama beberapa tim untuk menentukan tema dan konten majalah edisi ulang tahun ini. Anniversary issues are always huge! That's why they hire interns to help them with the hugeness. Dan tugas gue adalah menulis artikel Designer On The Run dan DIY.

Hari-hari kerja gue selama magang di Gogirl sangat menyenangkaaaan. Hampir setiap hari jalan-jalan ke butik, ke mall, distro, dan lain sebagainya untuk pinjem barang yg akan dipakai untuk photoshoot atau fashion spread. Mall yang paling sering gue kunjungi adalah PI dan GI. Tentunya, disela-sela kerja gue dan Gita sering colongan makan siang di mall atau ikutan belanja hihihi seru banget. Terutama kalo udah datang waktunya fotosesi untuk fashion spread. Baju bisa berkarung-karung dipinjam dari berbagai toko/retail/butik, lalu di-steam supaya gak lecek, dan difoto semuanya. Gak lupa di-styling dulu tentunya ;)

Disela-sela pinjem barang dan fotosesi, tentunya gue sambil ngerjain tugas gue. Gue mulai dengan mencari refrensi designer-designer yang lagi naik daun dan banyak dibicarakan. Lalu gue cari kontak mereka melalui banyak media, mulai dari twitter, facebook, email, sampai tanya sana sini sama temen-temen di kantor. Hingga dapatlah gue 4 designer keren yang siap gue wawancara (o♥):
Astrid & her glow in the dark design/www.astridastryd.blogspot.com
Zico Halim
Cindy/ONLYi
Bethani Putri/www.decadadiaofficialblogstore.blogspot.com
WHOAAA they're so welcome ketika gue ajak untuk interview. Mereka baik, ramah, talented, dan keren banget! Gue liat beberapa koleksi mereka dalam bentuk foto, asli, beneran dare to be different dan mereka pantes menyandang gelar designer on the run. Gue yakin koleksi dan brand mereka bakal melejit nantinya :)
Mulai dari wawancara sampai penulisan ulang menjadi sebuah artikel sangat menantang. Apalagi membaca ulang hasil wawancara gue dan mereka, oh God they're so inspiring! Pikiran gue jadi terbuka lebar. 4 orang ini adalah orang-orang dengan latar belakang yang berbeda-beda, tiap diri dan rancangan mereka punya history masing-masing. So heart-touching. Seneng bgt bisa bekerja dengan orang-oranng hebat. Dan yang gue seneng lagi dari magang di Gogirl ini adalah link dan pengetahuan gue jadi luas banget. Gue jadi berteman baik dengan fotografer, wardrobe asst, fashion stylist, reporter, bahkan HRD. Mereka semua ramah banget dan bener-bener membimbing & mensupport kami para anak magang.

meeting room!
Make-up room.
kiri: ruang wardrobe yg penuh warna & hanger hahaha / kanan: steamer! yg selalu gue gunakan utk nyetrika baju yg bakal di pake untuk fotosesi.
kiri: gue, sebagai model DYI hihihi / kanan: salah satu step DIY
a huge zebra print couch dimana sering dipake untuk bobo2 siang hyahahaha :p
ihiiiy, baju-baju untuk fotosesi
Intinya, magang di majalah itu SERU & FUN banget!!! Banyak hal positif yang gue dapet dari sana. Gue jadi tau proses pembuatan majalah mulai dari brainstorming, pencarian berita dan narasumber, deal dengan butik untuk proses peminjaman barang, fotosesi, proses editing konten, pencetakan, sampai distribusi. Wow. Semua rasa penasaran itu terjawab sudah. 30 hari rasanya kurang! Ketika harus berpisah dengan semua karyawan, rasanya sedih banget. Rutinitas setiap hari bangun super pagi, berangkat jam 6, ikut antrian macet layaknya orang kantoran beneran, masuk keluar tol, wuiw. Bahkan kehilangan masa-masa liburan bareng temen. Terbayar! Magang itu ternyata lebih asik dibanding jalan-jalan ke mall ngabisin uang, trust me! ;-)
Lebih asiknya lagiiiii, gue bisa ngeliat hasil tulisan dan kerja gue di majalah! Check Gogirl Magazine edisi 73 bulan Februari 2011, 6th Anniversary!
kiri: STREET STYLE, gue & Gita berburu cewek-cewek fashionable & stylist di beberapa mall seperti Citos & PIM. Super seru!!! / kanan: KIMMY JAYANTI, gue & Gita melakukan fotosesi bareng Kimmy DIRUMAHNYA! WOW! Kimmy bahkan nebeng mobil gue untuk dianter ke sebuah tempat. OMG what an experience!!! :')
kiri: RATED STYLIST; ini tugasnya Gita, tapi gue ikut membantu fotosesi di kantor. Pst, Cindy Karmoko dateng bareng Sonia Eryka lho! They're so gorgeous & beautiful. Too bad no picts :( / kanan: DIY! It's me!!! Yup, itulah salah satu tugas gue, bikin DIY. Gue bikin Lace Earrings, hope everyone like it ; )
TADAAA! Inilah tugas gue yang ter....susah. Designer On The Run. Hasil wawancara gue dgn 4 narasumber besar dan keren. Bangganyaaaa, tulisan gue bisa dimuat. Hihihi
OKEY, that's all. Pesan dari gue adalah cobalah hal yang baru dan bermanfaat. Jangan takut untuk terjun ke dunia kerja karena gak semua dunia kerja itu sekejam yang lo bayangkan. Man, kerja di media itu serunya kayak naik Kora-Kora!!! Hahahaha. Well, spend a month internship instead of holiday trip is another good way to start a new year. Go try and share :-)
Thanks for reading, pals. I will post about another internship experiences, soon. For any questions, please just leave a comment. BTYL! x.

  • Share:

You Might Also Like

5 Comments